Performance assessment of bank XYZ DKI Jakarta branch using the balanced scorecard approach in the pandemi era of Covid 19

Putri Ayu Purwanta(1*), Hermanto Siregar(2), Bayu Bandono(3)
(1) Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor, Indonesia
(2) Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
(3) Otoritas Jasa Keuangan
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30604/jika.v8i3.2255

Abstract

This research is motivated by the decline in the performance of Islamic banks in Indonesia due to the covid 19 pandemic. This is interesting for researchers to conduct research that aims to analyze the performance assessment of XYZ banks before and during the covid 19 pandemic era and the influence of a customer perspective, internal business process perspective, as well as a learning and growth perspective on bank financial performance XYZ. The research method used is the balanced scorecard approach and multiple regression analysis. The analysis tools used are Microsoft Excel and SPSS software. The data used are primary data in the form of questionnaires and interviews as well as secondary data in the form of Bank XYZ's 2008-2021 financial reports. The results of the study show that the performance assessment of Bank XYZ using the balanced Ascorecard method before and during the pandemic was not maximized because it was still below a score of 4. The effect of the customer perspective on financial performance is negative where the higher the customer perspective with indicators of third party funds that far exceed financing indicators, the lower financial performance. The influence of the internal business process perspective on financial performance is negative where the higher the internal business process perspective with indicators of the number of offices and ATMs, the lower the financial performance in terms of efficiency. The influence of the learning and growth perspective on financial performance is positive where the higher the learning and growth perspective with indicators of employee productivity, the financial performance will improve.

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan kinerjaAbank syariah di Indonesia akibat pandemi covid 19. Hal ini menarik peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis penilaian kinerja bank XYZ sebelum dan era pandemi covid 19 serta pengaruhAperspektif pelanggan, perspektif prosesAbisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerjaAkeuangan Bank XYZ. MetodeApenelitian yang digunakan dengan pendekatan A balanced scorecard dan analisisAregresi berganda. Alat analisis yang digunakan adalah software microsoft excel dan SPSS. DataAyang digunakan adalahAdata primer berupa kuesionerAdan wawancara serta dataAsekunder berupa laporan keuangan Bank XYZ tahun 2008-2021. HasilApenelitian menunjukkanAbahwa Penilaian kinerja Bank XYZ dengan metode balancedAscorecard sebelum dan saat pandemi belum maksimal karena masih di bawah skor 4. Pengaruh perspektifApelanggan terhadap kinerjaAkeuangan adalah negatif dimana semakin tinggi perspektifApelanggan dengan indikator dana pihak ketiga yang jauh melebihi indikator pembiayaan maka akan menurunkan kinerjaAkeuangan. Pengaruh perspektif prosesAbisnis internal terhadap kinerja keuangan adalah negatif dimana semakin tinggi perspektif proses bisnis internal dengan indikator jumlah kantor dan ATM maka akan menurunkan kinerja keuangan dalam rangka efisiensi. Pengaruh perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja keuangan adalah positif dimana semakin tinggi perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator produktivitas karyawan maka akan meningkatkan kinerja keuangan.

Keywords


Management; Performance; Islamic Banking; Balanced Scorecard

References


Achmad LI & Puspitasari RA. 2020. Analisis Pengaruh Modal dan Risiko terhadap Kinerja Keuangan Bank XYZ. Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 5 (2), 174-185.

Aminatun W, Parno, Pratiwi A. 2021. Penilaian Kinerja Bank Syariah dengan Metode Balanced Scorecard Periode 2015-2019. Journal of Islamic Banking and Finance, 1 (1), 66-8.

Anggareni M. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keunggulan Produk terhadap Kepuasan Nasabah di Bank XYZ Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi dan Bisnis Unisba, 2 (1), 59-64.

Bachtiar W, Mallongi S, & Amiruddin K. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Prima Berhadiah terhadap Kenaikan Dana Pihak Ketiga di Bank XYZ Cabang Makasar. Jurnal Iqtisaduna, 7 (2), 238-248.

Feed W. 2022. RAM Ratings Reaffirms Bank Mumalat’s, Journal Islamic Finance

Hasanah H, Achsani NA, Ascaraya A, & Siregar H. 2013. Displaced commercial risk: Empirical on the competition between conventional and Islamic banking system in Indonesia. American-Eurasian Journal of Sustainable Agriculture, 7 (4), 405-412

Hidayat R. 2022. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Muanalat Indonesia Cabang Pembantu Solok. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 6 (2), 553-567.

Hijriyanto A. 2020. Pengaruh Jumlah Kantor Bank terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah

Hossain MA, Yesmin MN, Jahan N, & Kim M. 2021. Effect of Servie Justice, Quality, Social Influence and Corporate Image on Service Satisfaction and Customer Loyalty: Moderating Effect of Bank Ownership. Journal Sustainability, 13 (13), 1-13

Jamhuriah & Nurhayati. 2021. Pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap Laba Bersih. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4 (4), 342-353.

Koesumawidjojo SRM. 2017. Balanced Scorecard Model Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Empat Perspektif. Jakarta: Penebar Swadya Group.

Maftuhah R. 2021. Analisis Kinerja Bank XYZ Surabaya dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6 (2), 572-585.

Marcu MR. 2021. The Impact of the Covid-19 Pandemic on the Banking Sector. Journal Sciendo, 9 (2), 205-223.

Nasution T. 2021. Analisis Penilaian Kinerja Perbankan Syariah dengan Menggunakan Konsep Balanced Scorecard (Studi pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bandar Lampung 2010-2015). Jurnal Gema Ekonomi, 11 (1), 1850-1859.

Novianto EY & Chusnah FN. 2020. Pengaruh Tingkat Bagi Hasil, Jumlah Kantor Layanan, Inflasi, dan Produk Domestik Bruto terhadap Tabungan Mudharabah Perbankan Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia. Jurnal Ekonomi Indonesia.

Nur MF & Rahmawati L. 2022. Analisis SWOT Produk Pembiayaan di Bank XYZ pada Masa Pandemi. Juenal Perbankan Syariah, 3 (1), 14-28.

Octrina F & Priatmojo HE. 2023. Efisiensi Bank Syariah: Metode Efisiensi dengan SFA. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 10 (6), 379-394.

Pandey R & Deemed C. 2023. How Does Religiosity Influence Perceived Service Quality, Satisfaction, and Attitude Towards Islamic Banking?. Academy of Marketing Studies Journal. 27 (2), 1-12.

Pribanggayu D, Afgani KF, & Ricederia A. 2021. Perbedaan NPF dan FDR Bank XYZ antara Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Perbankan Syariah, 4 (2), 122-134.

Putra DA, Marliyah, & Yafiz M. 2019. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Pembiayaan, Bancassurance terhadap Laba dan Dampaknya pada Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal At-Tawassuth, 4 (1), 21-42.

Rahardjo B. 2020. Kinerja PT. Bank Syariah XYZ Cabang Depok Menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 13 (1), 23-28.

Rochmah S& Ernawati FY. 2022. Pengaruh Layanan Autimatic Teller Machine (ATM), Internet Banking, dan Mobile Banking terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah, Jurnal Infokam, 18 (1), 18-27.

Rufaidah ER & Kodri. 2020. Strategi Inovasi dan Kreativitas Berwirausaha di Era Revolusi 4.0 (Kajian Empiris dan Kajian Literatur). Bandung: Alfabeta.

Sarwan A & Susanti A. 2022. Analisis Relationship Quality terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank XYZ Tbk, Cabang Banda Aceh. Jurnal Serambi Konstruktivis, 4 (4), 158-162.

Sohibien GPD, Lilis, Choruddin, Achmad, & Kuswanto H. 2022. Covid-19 Pandemic’s Impact on Return Asset And Financing of Islamic Commercial Bank: Evidence from Indonesia. Journal mdpi, 14 (3), 1-13.

Takdir A. 2021. Inovasi Keuangan Digital Islamic Network (DIN) Terhadap Optimalisasi Pelayanan Jasa Perbankan di Era Digital (Studi Kasus Bank XYZ). Jurnal Perbankan Syariah dan Keuangan, 1 (2), 103-118.

Yohani R & Jannah N. 2022. Pengaruh Kemudahan Akses terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Bank Muamalat KCP Kisaran. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2 (1), 844-853.

Yuwono S, Ikhsan M, Sukarno E. 2007. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Article Statistic

Abstract view : 98 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 92 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.