Factors Causing Delays in Submitting Inpatient BPJS Claims at RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso

Novita Nuraini(1*), Desnia Sindi Damayani(2), Rossalina Adi Wijayanti(3)
(1) Politeknik Negeri Jember
(2) Politeknik Negeri Jember
(3) Politeknik Negeri Jember
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30604/jika.v6i2.481

Abstract

The submission of BPJS claims by health care facilities according to the technical verification manual is at least on the 10th of the following month. Meanwhile, in October 2019, the process of submitting inpatient BPJS claims at RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso exceeded the 10th of the next month which was 130 days delayed. The purpose of this study analyzes the factors that cause the delays in submitting inpatient BPJS claims. The Type of qualitative research by finding out causal factors based on personal factors, leadership factors, team factors, system factors and contextual/situational factors using Problem Tree Analysis. Data collection techniques are in-depth interviews, observation, documentation and brainstorming. The results showed a lack of knowledge related to the deadline for submitting a BPJS claim and a delay in file submission from inpatient rooms. Incomplete files for inpatient BPJS, internal verifier have multiple jobs and lack of guidance from chief nurse also causes of delay in submitting claims. There are no standard operating procedures, hospital information management system and scanner error, an increase of workload, and less supportive of work environment due to the Covid-19 pandemic. It is recommended to make standard operating procedures for submitting inpatient BPJS claims, discipline the employees, give rewards and add more employees for the Controller Installation.



Abstrak: Pengajuan klaim BPJS oleh fasilitas pelayanan kesehatan berdasarkan buku petunjuk teknis verifikasi maksimal tanggal 10 bulan berikutnya. Proses pengajuan klaim BPJS rawat inap di RSU dr. H. Koesnadi mengalami keterlambatan dimana pengajuan bulan Oktober 2019 melebihi tanggal 10 bulan berikutnya yaitu terlambat 130 hari. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor yang menyebabkan keterlambatan pengajuan klaim BPJS rawat inap. Jenis Penelitian kualitatif dengan mencari faktor penyebab berdasarkan personal factors, leadership factors, team factors, system factors dan contextual/situational factors menggunakan Problem Tree Analysis. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan brainstorming. Hasil penelitian menunjukkan penyebab keterlambatan pengajuan klaim BPJS rawat inap yaitu kurangnya pengetahuan batas tanggal pengajuan klaim BPJS rawat inap, keterlambatan setor berkas klaim BPJS rawat inap dari ruangan, ketidaklengkapan berkas klaim BPJS rawat inap, verifikator internal double job, kurangnya bimbingan Kepala Ruangan, kerja sama belum maksimal, belum adanya SOP, SIMRS dan scanner eror dan beban kerja bertambah serta lingkungan kerja kurang mendukung karena pandemic Covid-19. Solusi yang dapat dilakukan yaitu membuat SOP pengajuan klaim BPJS rawat inap, pendisiplinan petugas, pemberian reward dan menambah petugas di Instalasi Pengendali.

Keywords


delay; submission; BPJS claims; problem tree analysis; BPJS

References


Aditya Pradani, E., Lelonowati, D., & Sujianto, S. (2017). Keterlambatan Pengumpulan Berkas Verifikasi Klaim BPJS di RS X: Apa Akar Masalah dan Solusinya? Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.18196/jmmr.6134

Asis, I., Lisnawaty, & Nurzalmariah, W. (2017). Studi Proses Pengajuan Klaim Pasien Bpjs Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. 2(6), 1–17.

Horas, M. M., Maramis, F. R. R., & Wowor, R. E. (2019). Analisis Keterlambatan Pembayaran Klaim Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat ( Jkn-Kis ) Di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. 1(2), 25–33.

Kemenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Malonda, T. D., Rattu, A. J. M., & Soleman, T. (2015). Analisis Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Kesehatan di RSUD Dr . Sam Ratulangi Tondano. Jikmu, 5(5), 436–447.

Matondang, E. R. S. (2020). Peran Dan Fungsi Kepala Ruangan Dalam Pelaksanaan Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit.

Noviatri, L. W., & Sugeng. (2016). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyerahan Klaim BPJS di RS Panti Nugroho. 1(1), 22–26.

Oktaviani, R. D. (2019). Hubungan Mitra Perawat dengan Petugas di Rumah Sakit Untuk Memaksimalkan Keselamatan Pasien. https://doi.org/10.31219/osf.io/rts4f

Pada, P., Laundry, C., & Pariaman, K. (2017). Kinerja Petugas Pengelola Limbah Rumah Sakit Di Rsud Petala Bumi Tahun 2017. Menara Ilmu, XI(78), 152–166.

Putri, N., Karjono, & Uktutias, S. (2019). Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5(2), 134–143. http://jurnal.stikes-yrsds.ac.id/index.php/JMK/article/download/165/135

Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21707

Sophia, & Darmawan, E. S. (2017). Analisis Keterlambatan Pengajuan Klaim Kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Rumkital Dr. Mintohardjo, DKI Jakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 20(3), 83–88.

Suratman, & Eriyanti, E. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 788–794. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3903/3631

Valentina, & Halawa, M. N. S. (2018). Analisis Penyebab Unclaimed Berkas Bpjs Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja. 2, 480–485.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja (5th Ed.). Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja Edisi Kelima Cetakan ke 12 (5th ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Widiyanti, T., Kedokteran, F., Malahayati, U., Kecamatan, H., Pandan, T., Pesawaran, K., Rawat, P., & Tegineneng, I. (2020). Hubungan Beban Kerja Fisik Dan Mental Perawat Dengan Penerapan Pasien Safety Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Upt Puskesmas Rawat Inap Kabupaten Pesawaran. 2(2), 108–118.

Wirajaya, M. K. M., & Dewi, N. M. U. K. (2020). Analisis Kesiapan Rumah Sakit Dharma Kerti Tabanan Menerapkan Rekam Medis Elektronik. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkesvo.53017


Article Statistic

Abstract view : 49 times
Fulltext (Bahasa Indonesia) views : 29 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.