Marketing Strategy and Referral Efforts from First Level Health Facilities (FKTP) to Diponegoro National Hospital through the 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, and Physical Environment)

Sutopo Patria Jati(1*), Eka Yunila Fatmasari(2), Syafira Risdanti(3), Yuni Adhita Silavati(4)
(1) Universitas Diponegoro (UNDIP)
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
(4) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30604/jika.v6i2.490

Abstract

Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) services are still not optimal, seen from the indicators of BOR, TOI and patient dissatisfaction, its need for an appropriate marketing strategy. So it needed an appropriate marketing strategy. The purpose was to analyze internal factors (weaknesses) and external factors (opportunities and threats) in determining marketing strategies and referral efforts to RSND with a qualitative analytic descriptive approach. The research was analysis 7P marketing mix (product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence) with informants FKTP, DPP, Directors, Public Relations and Marketing, supervisory board, patients of RSND and university. Good perceptions on superior service products, service quality and prices, groups and skills of professionals, and sophisticated level of facilities and the image of RSND as an education hospital are strengths of the hospital. However, service schedules haven't in accordance with user expectations, the process and marketing team wasn't had reached all groups, communication between FKTPs and the hospital, and inefficient registration procedures are weaknesses. The strategy needed was market penetration and product development. The strategic priorities should be implemented providing media information and promotion regarding types of services to be distributed to FKTPs and holding networking forums between FKTPs and RSND.



Abstrak: Pelayanan Rumah Sakit Nasional Diponegoro(RSND)masih belum optimal dilihat dari indikator BOR, TOI dan  ketidakpuasan pasien sehingga perlu adanya upaya strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dalam penentuan strategi pemasaran dan upaya rujukan ke RSND dengan desain kualitatif dan pendekatan deskriptif analitik. Penelitian menganalisis bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence, dengan narasumberFKTP, DPP, Direksi, Humas dan Pemasaran, dewan pengawas dan pasien RSNDserta pihak universitas.Persepsi cukup baik pada produk layanan unggulan, kualitas dan harga layanan, ketersediaan dan keterampilan tenaga profesional, ketersediaan fasilitas yang canggih serta citra RSND sebagai rumah sakit pendidikanmenjadi sisi kekuatan rumah sakit. Jadwalpelayanan kurang sesuai ekspektasi pengguna, proses dan tim marketing yang belum menjangkausemua kalangan, komunikasi antara FKTP dengan pihak rumah sakit, dan prosedur pendaftaran yang kurang efisien menjadi kelemahan. Strategi yang diperlukan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk .Prioritas strategi yang sebaiknya dijalankan yaitu menyediakan media informasi dan promosi mengenai jenis layanan untuk dibagikan ke FKTP dan mengadakan forum jejaring antara FKTP dengan RSND.

Keywords


Bauran Pemasaran; Upaya Rujukan; Rumah Sakit; Marketing Mix; Referral Effort; Hospital

References


Arismen, Sulistiadi, W., & Chalik, A. (2019). Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2), 97–103. file:///C:/Users/USER/AppData/Local/Temp/3173-9504-1-PB.pdf

Ditasari, et al. (2019). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pelayanan Pada Pasien One Day Care Di Rumah Sakit Panti Waluya Semarang. Nursing News, 2(3), 21–33. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/450/368

Hartono, B. (2010). Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit. PT Rineka Cipta.

Hayati Y Sirrul , Christyana Sandra, Y. T. H. (2019). HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT DAERAH KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN 2017. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Irwandy, I., & Sjaaf, A. C. (2018). Dampak Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Efisiensi Rumah Sakit: Studi Kasus di Provinsi Sulawesi Selatan. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(4), 360. https://doi.org/10.30597/mkmi.v14i4.5144

Karmawan, B. (2016). Penyusunan Rencana Strategis Rumah Sakit Pertamina Jaya Tahun 2017-2022. Jurnal ARSI, 2(2), 115–126.

Lasyera, E., Yeni, Y. H., & Busuddin, H. (2018). Analisis Rencana Strategi Rumah Sakit Umum Daerah Arosuka, Kabupaten Solok. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2), 170. https://doi.org/10.25077/jka.v7.i2.p170-175.2018

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality.

Laporan Rekap Pasien Tahunan Rumah Sakit Nasional Diponegoro Tahun 2016 - 2019, (20129).

Sabarguna, ?Boy S. (2009). Manajemen Rumah Sakit Jilid 1. Buku Pegangan Mahasiswa.

Saragih Masri , Jek Amidos Pardede, F. S. (2017). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien. Idea Nursing Journal, 8(2), 1–6.

Suwedia I N. (2019). Strategi Pemasaran Pelayanan Home Care Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Denpasar. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(1), 55–58. http://journal.fkm.ui.ac.id/arsi/article/view/3677

Zia H Khalida, Rima Semiarty, R. P. L. (2019). ANALISIS KOMPARATIF SEBAGAI PENENTU SWOT PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT BAITURRAHMAH PADANG. Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah, Vol 6, No.1 : Page 31-42 ISSN 2301-5454, e-ISSN 2654-7643 Available Online at Https://Jurnal.Unbrah.Ac.Id/Index.Php/Bdent/Index, 6(1), 31–41.


Article Statistic

Abstract view : 97 times
Fulltext (Bahasa Indonesia) views : 7 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.