Customer Path 5A Relations to the Utilization of Dental and Oral Health Services

Eka Yunila Fatmasari(1*), Dwi Windu Kinanti Arti(2), Wulan Kusumastuti(3), Putri Asmita Wigati(4), Khoerunnisak Khoerunnisak(5)
(1) Universitas Diponegoro
(2) Dental and Oral Health Department, Faculty of Dentistry, Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Faculty Of Public Health, Universitas Diponegoro
(4) Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro
(5) Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30604/jika.v7i4.1271

Abstract

The decrease in outpatient visits at The Dental and Oral Hospital at RSGM UNIMUS occurred in 2020. The limited number of human resources, restrictions on community activities due to the pandemic, and unstructured marketing activities became obstacles in bringing in patient candidates. The purpose of this study is to analyze the relationship between the paths of customer behavior towards a brand consisting of awareness, appeal, asking, acting, and advocating for the use of dental and oral health services. This research is an observational quantitative research with a cross-sectional approach. The sample in this study was 100 respondents with an accidental sampling technique. Data were analyzed using the chi-square test. The results showed a relationship between awareness, appeal, asking, acting, and advocating using dental and oral health services with the same p-value of 0.000. It is expected that RSGM UNIMUS can manage marketing activities in a more planned and structured way starting from the design of service flow content and service facilities clearly and understandably, monitoring and periodic evaluation of each uploaded content, establishing collaboration with UNIMUS dental students as a network and strengthening the function of the marketing team in increasing cooperation with health insurance to increase patient visits.

 

Abstrak: Penurunan kunjungan rawat jalan di RSGM Unimus terjadi di tahun 2020. Keterbatasan jumlah sumber daya manusia, pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi, serta kegiatan pemasaran yang belum terstruktur menjadi kendala dalam mendatangkan calon pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan jalur perilaku pelanggan terhadap sebuah brand yang terdiri dari aware, appeal, ask, act, dan advocate terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara aspek aware, appeal, ask, act, dan advocate dengan pemanfaatan pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan p-value yang sama yaitu 0,000. Diharapkan RSGM Unimus dapat mengelola kegiatan pemasaran lebih terencana dan terstruktur mulai dari desain konten alur pelayanan dan fasilitas pelayanan secara jelas dan dapat dipahami, monitoring dan evaluasi berkala pada setiap konten yang sudah di upload, menjalin kerjasama mahasiswa kedokteran gigi Unimus sebagai jejaring dan menguatkan fungsi dari tim pemasaran dalam meningkatkan kerjasama dengan asuransi kesehatan untuk meningkatkan kunjungan pasien.

Keywords


customer path 5 A; Pemanfaatan Pelayanan; Strategi Pemasaran; Service Utilization; Marketing Strategy

References


Astiti, S.H., Yaslis I. (2021). Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran RS Hermina Karawang di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr. Soetomo, 7 (2), Hal 162-74. Retrieve from: https://jurnal.stikes-yrsds.ac.id/index.php/JMK/article/view/619

Azikin, L.U.S., Multazam, A., Yusriani. (2020). Analisis Faktor Presdisposing Terhadap Kualitas Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan. Window of Public Health Journal, 1 (4), Hal 302-309. Retrieve from: https://www.neliti.com/id/publications/340527/analisis-faktor-predisposising-terhadap-kualitas-kesehatan-gigi-dan-mulut-melalu

Aaker, David A, Rajeev Batra, John G. Myers, Advertising Management, New Jersey:Prentice Hall, 1996.

Andersen R. Behavioral Model of Families Use of Health Services. Chicago: Center for Health Administration Studies, University of Chicago; 1968.

Basith, Ziana Aubi., Pramweswari, Galuh Nita. (2020). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, 4 (1),(hal 52-63). Retrieve from : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/34957

Baheti, G., Jain, R. K, & Jain, N. (2012). “The Impact of Advertising Appeals on Consumer Buying Behavior”. International Journal of Research in commerce & Management. 3(11), (Hal 75-78). Retrieve from : https://ijrcm.org.in/article_info.php?article_id=2427

Darma G., Apollo A., Rusmanda G., Umay Y. (2019). Digital Education 4.0. Indonesia: Cakra Media Utama Press.

Indriyani, R., Sri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumsi Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14 (1), Hal 25-34. Retrieve from : https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/22615

Jati, Waluyo., Yuliansyah, Hanafi. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1 (1). Hal 127-138. Retrieve from : http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/view/679

Kartajaya, H., Setiawan I. (2015). WOW Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, S.I. Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan. Majalah Ilmiah Inspiratif, 2 (2). Hal 139 -147. Retrieve from : http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/INSPI/article/view/619

Lubis, Z.I. Analisis Kualitatif Penggunaan Telemedicine Sebagai Solusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Physioteraphy Heal Sci, 72-82. Retrieve from : https://ejournal.umm.ac.id/index.php/physiohs/article/view/15148/0

Nisa, Khoirun., U, Aris Laili., dkk. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offlin. Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1 (1), Hal 55-60. Retrieve from : http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2018

Pandu, H.G. (2015) Pola Perilaku Pembelian oleh Followers Instagram Berdasarkan Customar Path 5A. UAJY. (online), http://e-journal.uajy.ac.id/8803/, diakses pada 2 Juli 2022.

PERSI. (2020). White Paper: Kesiapan Rumah Sakit Menghadapi Era Digitalisasi Menuju Smart Hospital 4.0. (online), https://persi.or.id/white-paper-kesiapan-rumah-sakit- menghadapi-era-digitalisasi-menuju-smart-hospital-4-0/ ,diakses pada 2 Juli 2022.

Putri, C.S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bismis, 1 (5), Hal 594-603. Retrieve from : https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/348

Pomala, Lovely, dkk. (2018). Analisis Faktor Brand Awareness, Brand Exposure, Customer Engagement, Dan Electronic Word-of-Mouth Dalam Pemasaran Melalui Media Sosial Pada The Body Shop Indonesia. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 2, No. 10, Oktober 2018, hlm. 4082-4091. Retrieve from : https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2843

Rahmawati. (2018). Analisis Produk Layanan Rumah Sakit dalam Lingkup Bauran Pemasaran. Jurnal ARSI, Vol 5 (1) , Hal 37-41. Retrieve from : https://journal.fkm.ui.ac.id/arsi/article/download/2876/867

Rizky, Nurul., Setiawati, A.D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Café sebagai Komunikasi Pemasaran Online.Jurnal Ilmu Komunikasi, 10 (2). Hal 178-190. Retrieve from : http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK/article/view/352

RSGM Unimus. (2021). Profil Rumah Sakit RSGM Unimus Semarang. Online. Diperoleh dari http://rsgmunimus.com/

Sampeluna, Noviana., dkk. 2013. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Rsud Lakipadada Kabupaten Tana Toraja. Jurnal AKK, Vol 2 No 3, September 2013, hal 22-28. Retrieve from : https://media.neliti.com/media/publications/8223-ID-faktor-yang-berhubungan-dengan-pemanfaatan-pelayanan-kesehatan-di-rsud-lakipadad.pdf

Suudi, Amir, Hendarwan Harimat. (2017). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Sasaran Program Jaminan Tabalong Sehat di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Vol. 1, No. 2, Desember 2017. Retrieve from : http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/jpppk/article/view/8104

Shimp, Terence A. dan Andrews, J. C. (2013). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. USA : Cengage Learning.

Tampi , E.N.H., Pamungkas I.N.A. (2018). Analisis Customer Path 5A pada Sponsor Film AADC 2 Sebagai Program Entertainment Branding. ProTVF, 2 (1), Hal 69-86. Retrieve from : http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/10630


Article Statistic

Abstract view : 29 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 20 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Yunila Fatmasari, Dwi Windu Kinanti Arti, Wulan Kusumastuti, Putri Asmita Wigati, Khoerunnisak Khoerunnisak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.