The effect of the modeling approach to enhance knowledge and skill of lactation management among primipara’s mother



Lina Oktalesmana(1Mail), Zainal Munir(2), Wiwin Nursiam(3),
(1) Universitas Nurul Jadid (UNUJA), Indonesia
(2) Universitas Nurul Jadid, Indonesia
(3) Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.30604/jika.v4i2.232

Full Text:    Language : en
Submitted : 2019-09-24
Published : 2019-11-26

Abstract


A modeling approach to lactation management is a learning effort undertaken by mothers, fathers and families to support the success of breastfeeding by watching and paying attention to other people's behavior and then copying it. The purpose of this research was to analyze the knowledge and skills of primiparous mothers about lactation management before and after the modeling approach. This research method uses pre-experiment with one-group pre-post test design. The research population was all primiparous mothers whose babies were treated in level 2 perinatology, which were taken as accidental sampling involving 26 primiparous mothers. The method used in health education (penkes) is the Modeling approach with pantom tools, modules, and containers / bottles that have a lid. The modeling approach consists of four processes, namely Attention, Retention, Reproduction motori (reproduction), and motivation (motivation). The results showed that there was a significant influence between the modeling approach to the knowledge and skills of primiparous mothers in the perinatology room of Bondowoso Hospital.


Abstrak: Pendekatan modeling tentang manajemen laktasi merupakan suatu upaya pembelajaran yang dilakukan oleh ibu, ayah dan keluarga untuk menunjang keberhasilan menyusui dengan melihat dan memperhatikan perilaku orang lain kemudian mencontohnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengetahuan dan keterampilan ibu primipara tentang manajemen laktasi sebelum dan sesudah dilakukan pendekatan modeling. Metode penelitian ini menggunakan pre experiment dengan rancangan one-grup pre-post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu primipara yang bayinya dirawat diruang perinatologi level 2, yang diambil secara asidental sampling dengan melibatkan 26 ibu primipara. Metode yang digunakan dalam pendidikan kesehatan (penkes) adalah pendekatan Modeling dengan alat bantu pantom, modul, dan wadah / botol yang mempunyai tutup. Pendekatan modeling terdiri dari empat proses, yaitu Perhatian (attention), Pengendapan (retention), Reproduksi motori (reproduction), dan motivasi (motivation). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan modelling terhadap Pengetahuan dan keterampilan ibu primipara di ruang perinatologi rumah sakit Bondowoso.


Keywords


Ibu Primipara; Keterampilan; Pendidikan Kesehatan; Pengetahuan; Teknik Modelling

References


Ansik Khoiriyah. (2011). Hubungan Antara Paritas Dengan Keterampilan Menyusui Yang Benar Pada Ibu Nifas. Midpro, 2. Retrieved from http://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Hubungan+antara+paritas+dengan+keterampilan+menyusui+yang+benar&btnG=#gs_qabs&u=%23p%3D5IJStCqjyH8J

Arini, H. (2012). Mengapa Seorang Ibu Harus Menyusui. Yogyakarta.

Ariyanti Saleh. (2017). Pengaruh pemberdayaan ibu dalam perawatan bayi melalui pendekatan modeling. MKMI, 13 No.2. Retrieved from scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+pemberdayaan+ibu+dalam+&oq=Pengaruh+#d=gs_qabs&u=%23p%3DLQ1qVFxUGMJ

Astuti, I. (2018). Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia Hanya 35%. Retrieved from http://m.mediaindonesia.com/amp_detail/175814-pemberian -asi-eksklusif-di-indonesia-hanya-35

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs,. NJ: Prentice Hal. Retrieve from: https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=muejNL8AAAAJ#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DmuejNL8AAAAJ%26citation_for_view%3DmuejNL8AAAAJ%3AyJjnfzR0HrkC%26tzom%3D-420

Dinkes Jawa Timur. (2016). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2016. Retrieved from http://www.google.com/url?sa=t&sources/download/profil/PROFIL_KES_PROVINSI_2016/15_jatim_2016.pdf&ved=2ahUKEwiCq5Tx

Dinkes Kab. Bondowoso. (2018). Profil Kesehatan Provinsi Kabupaten Bondowoso. Retrieved from http://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://dinkes.bondowosokab.go.id/&ved=2ahUKEwjp3K7e1q3kAhXw8HMBHd2xBrAQFjAAegQlBhAC&usg=AOvVaw0O5QkVMcXVVxD-mmOiOSKz

Dwi, S. P. (2012). Buku Pintar ASI Ekslusif. Yogyakarta.

E.S, W. (2015). Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Hardianti. (2017). Pengaruh Penyuluhan Melalui Metode Simulasi / Modeling DAn Audiovisual Medeling Terhadap Tingkat Keterampilan Menggosok Gigi Pada Murid SD Inpres Canbaya IV. Retrieved from http://www.google.com/url?sa=ta&source=web&rct=j&url=http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5290/1/Hardianti.pdf&ved=2ajUKEwiX89qz667kAhWCfn0KHb-HB1MQFjAAegQlBhAC&usg=AOvVaw2ncyTLWrFxOTNV-1euN-o4

InfoDatin. (2018). Situasi dan Analisis ASI Eksklusif. Retrieved from http://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.depkes.go.id/download.php%3File%3Ddownload/pusdatin/infodatin/infodatin-asi.pdf&ved=2ahUKEwiz5aqs163AhVI7nMBHbvJCn0QFjACegQICRAH&usg=AvVaw2KzG0RVTM34djzSFc_39H3

Master K. Edgar. (n.d.). Dale’s Pyramid of Learning In Medical Education :A Literature Review. Med Teach, 35, e1584-93.

Notoatmodjo, S. (2003). Pengantar Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jogyakarta: PT. Rineka Cipta. retrieve from: https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=14243663307524455809&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2014). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. retrieve from: http://eprints.ners.unair.ac.id/982/

Rainy Tri Kurnianingtyas. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Manajemen Laktasi Terhadap Efikasi Diri Menyusui Pada Ibu Primigravida TRimester III. Retrieved from http://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+pendidikan+kesehatan+tentang+manajemen+Laktasi+terhadap+efikasi+diri+menyusui+pada+ibu+primigravida+Trimester+III&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DFIc4S6iwWKYJ

Saraswati, E. dan M. (2014). Pengaruh Penyuluhan Cara Menyusui yang Benar Terhadap Perilaku Pemberian ASI Minggu Pertama pada ibu Nifas di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Retrieved from http://schola.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh=Penyuluhan+cara+menyusui+yang+benar+terhadap+perilaku+pemberian+ASI+minggu+pertama+pada+ibu+nifas+di+pku+Muhammadiyah+yoyakarta&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DAcIFe5_wMckJ

Triana Sari. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Manajemen Laktasi Dengan Sikap Ibu Post Partum Dalam Proses Menyusui Di Ruang Bersalin RS Panti Waluya Malang. Ilmiah Keperawatan 3(3). Retrieved from http://scholar.google.co.id/scholar?lookup=0&q=Hubungan+pengetahuan+tentang+manajemen+laktasi+dengan+sikap+ibu+post+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3D9vXWj7dCwXwJ

Wattimena, I., & Werdani, Y. D. W. (2015). Manajemen Laktasi dan Kesejahteraan Ibu Menyusui. Jurnal Psikologi, 42(3), 231. https://doi.org/10.22146/jpsi.9911

Zaidin Ali. (2010). Dasar-Dasar dan Promosi Kesehatan. Jakarta: Trans Info Medika.


Article Metrics

 Abstract Views : 44 times
 Fulltext (Bahasa Indonesia) Downloaded : 10 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.30604/jika.v4i2.232



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.